Memar pada sebagian tubuh tanpa suatu alasan yang jelas terkadang menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang. Ketika orang merasa tidak mengalami benturan, atau sebuah pukulan keras namun tiba tiba setelah bangun tidur muncul memar merah bahkan membiru pada bagian tubuh.

Hal ini dikenal orang jawa sebagai mitos, yang nantinya membuat banyak orang ketakutan. Konon katanya bercak memar biru setelah bangun tidur disebut sebagai jilatan setan. Nyatanya hal ini mampu dibantah oleh tenaga medis. Dimana dengan kecanggihannya kini telah ditemukan beberapa penyebab dan cara mengatasi purpura simplex atau memar secara tiba tiba saat bangun tidur.

Purpura simplex dapat terjadi pada bagian lengan, betis, paha, bahkan pada lutut. Untuk mengetahui cara memudarkan bekas purpura simplex, alangkah baiknya jika anda menyimak ulasan berikut.

Cara mengatasi purpura simplex agar kulit kembali normal

1. Mengompres dengan air hangat

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk memudarkan purpura simplex ialah dengan mengompres kulit anda menggunakan air hangat. Air tersebut dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah, sehingga darah yang membeku atau terlihat memar akan ikut arus beserta aliran darah lainnya.

Anda dapat melakukan ini tentunya di pagi hari, saat anda bangun tidur dan menemui bercak memar. Namun anda juga dapat sering melakukannya selama bercak masih ada.

2. Pijat secara perlahan dan halus

Anda dapat melakukan cara kedua ini dengan mudah, tentunya hanya berupa pijatan lembut menggunakan minyak aroma therapi. Pijatan secara halus akan merangsang darah kembali pada aliran yang normal.

Hindari pijatan yang kasar dan keras, karena akan mengakibatkan area purpura simplex menjadi meluas dan menjalar lebih lebar lagi. Pijatan yang keras juga dapat menjadikan otot semakin tegang dan nyeri.

3. Istirahat Cukup

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk memudarkan bercak merah pada purpura simplex yaitu dengan istirahat yang cukup. Ketika anda kelelahan juga merupakan penyebab utama munculnya purpura simplex ini. Jadi usahakan agar anda tetap mendapat porsi istirahat yang pas, hindari aktifitas berat yang melelahkan dan memicu purpura simplex di anggota badan yang lainnya.

Ketiga cara untuk mengatasi purpura simplex di atas dapat anda jadikan sebagai pedoman, agar nantinya tubuh anda semakin fit dan tidak mudah lelah. Meski tidak berbahaya, purpura simplex juga dapat mengganggu penampilan anda bukan? Jangan lupa untuk selalu simak informasi seputar kesehatan lainnya pada laman info sehat, karena sehat dimulai dari diri sendiri.

Tags