Melaksanakan pekerjaan seharusnya sesuai dengan tugas pokok yang diemban. Tak terkecuali profesi yang tidak kenal tanda jasa, yaitu guru. Tugas guru seringkali melebihi dari tugas yang seharusnya dilakukan.

Meski tugas utamanya mengajar, namun seringkali guru disibukkan dengan tugas lainnya. Diantara tugas guru lainnya selain mengajar akan dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Tugas guru selain mengajar:

1. Membuat Administrasi

Tugas guru selain mengajar ternyata cukup banyak, salah satunya yaitu membuat administrasi. Tugas yang satu ini tentunya bermanfaat bagi kelangsungan guru selama mengajar. Administrasi guru tentunya ditentukan oleh guru itu sendiri, karena administrasi guru berhubungan dengan RPP, Silabus, Program semester, program tahunan, dan juga berkas lainnya yang ada hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar.

2. Mendidik

Tugas guru yang selanjutnya selain mengajar ialah mendidik. Dimana kegiatan mendidik lebih mengarah pada pembentukan karakter. Mendidik siswa tidak dapat dilakukan oleh sembarang guru. Hanya guru tertentu yang memiliki jiwa pendidik, yang nantinya dapat mencetak generasi yang berakhlaq.

3. Memberikan Rasa Nyaman

Siswa seringkali merasa bosan dan malas untuk belajar. Padahal siswa sangat membutuhkan rasa nyaman selama kegiatan belajar. Oleh karena itu, tugas guru selanjutnya ialah memberi rasa nyaman.

4. Mengajarkan Banyak ide

Guru hendaknya memiliki variasi mengajar yang menarik. Sehingga siswa tidak akan bosan selama belajar. Guru yang banyak ide akan dengan mudah mengubah suasana yang membosankan menjadi suasana yang menyenangkan. Guru juga dapat membuat variasi game guna menciptakan suasana belajar sesuai yang diharapkan siswa.

5. Mencontohkan Kesabaran

Sabar adalah salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh guru, baik guru tingkat dasar, hingga tingkat atas. Kesabaran seringkali menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh guru. Hal ini juga dipengaruhi dengan keadaan siswa yang dihadapi pada saat itu.

Sehingga, mau tidak mau guru harus punya kesabaran yang tinggi untuk menghadapi karakter siswa yang beragam. Anda juga harus menekankan karakter sabar kepada masing-masing diri siswa. Hal ini juga membutuhkan kesabaran yang penuh.

Berbagai macam tugas guru selain mengajar di atas harusnya dilakukan dengan baik oleh para guru di Indonesia. Karena karakter guru yang baik nantinya juga akan melahirkan generasi yang baik pula.